A g e n d a /FEKON Unilak
  STATISTIK /FEKON Unilak
  • Dikunjungi oleh : 173604 user
  • IP address : 3.235.74.184
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Dosen FE Unilak dukung Mitra Binaan Bisnis Jualan Produk Makanan ke Gofood
Dosen FE Unilak dukung Mitra Binaan Bisnis Jualan Produk Makanan ke Gofood

Kamis,16 Januari 2020

Dosen FE Unilak dukung Mitra Binaan Bisnis Jualan Produk Makanan ke Gofood

Oleh:

Fatkhur Rupat

 

Universitas Lancang Kuning memiliki mitra binaan bisnis salah satu diantaranya adalah KUBE Graha Permai. Kelompok usaha bersama yang beranggotakan ibu-ibu rumah tangga yang berinovasi membantu perekonomian keluarga selalu mendapatkan perhatian. Kendala penjualan pada produk makanan menjadi salah satu masalah yang dirasakan oleh usaha skala kecil. Sebagaimana pada usaha yang tergabung pada KUB Graha Permai, para pesaing saat ini sudah berjualan secara online misalnya melalui go-food dan grab-food, yang berdampak pada penjualan yang semakin menurun. Tujuan diadakan pengabdian bagi masyarakat ini dimaksudkan agar anggota KUB Graha Permai dapat selain berjualan seperti biasa juga berjualan secara online. Kemudian diberikannya pengetahuan dan pemahaman kepada anggota mengenai tata cara berjualan online, sehingga diharapkan mereka mendapatkan kejelasan dari apa yang merek usahakan dan menjalin mitra dengan pihak lain.

Ketua pengabdian yakni Bapak Dr. Bambang Suroto menjelaskan bahwa target yang dicapai dalam pengabdian ini adalah meningkatkan penghasilan usaha produk makanan yang tergabung dalam KUB Graha Permai dan mampu memahami dengan baik tata cara berjualan secara online sehingga lebih mendapatkan pangsa pasar lebih luas dan lebih dapat bersaing dengan para pesaing yang ada. Metode yang digunakan adalah memberikan sosialisasi tentang tata cara mendaftarkan produk makanan yang dihasilkan ke dalam mitra jualan online dalam hal ini adalah go-food dan memberikan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan berjualan secara online. Metode ceramah dan praktek mendaftarkan berjualan online dan serta melakukan evaluasi terhadap hasil dari penggunaan fasilitas berjualan online menggunakan pre test dan pos test akan memberikan penilaian yang lebih nyata kepada mitra akan keberhasilan kegiatan ini. Diharapkan mitra akan mengikuti sosialisasi dengan sungguh-sungguh dan ditargetkan menghasilkan pengetahuan dan ketrampilan dalam berjualan secara online sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih baik lagi dalam meningkatkan pendapatan dari usahanya.

Lebih lanjut Bapak Dr. Bambang Suroto menjelaskan setelah mengikuti pengabdian dalam berjualan online peserta mengalami peningkatan wawasan dari ini menunjukkan adanya perubahan yang berarti pasca mendapatkan materi. Dari empat indikator di atas, dapat diketahui indikator tertinggi adalah pada pemahaman sistem berjualan online, sedangkan indikator terendah adalah pada kemampuan peserta dalam menggunakan IT berjualan online. Pelaksanaan pengabdian sudah berjalan dengan baik, namun masalah kehadiran peserta dan persiapan peserta dalam mengikuti materi belum optimal, sehingga ke depan perlu persiapan yang lebih matang lagi dalam mengajak peserta mengikuti pengabdian. Kepada tim pengabdian untuk dapat melanjutkan pengabdian dengan berkenaan dengan pelatihan penggunakan teknologi android dalam berjualan online.