A g e n d a /FEKON Unilak
  STATISTIK /FEKON Unilak
  • Dikunjungi oleh : 163879 user
  • IP address : 18.205.176.100
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • TIM PENGABDIAN DOSEN FE UNILAK MEMBERIKAN PELATIHAN SOFTWARE TURNITIN PADA KELOMPOK DISKUSI DOSEN EKONOMI DI PEKANBARU
TIM PENGABDIAN DOSEN FE UNILAK MEMBERIKAN PELATIHAN SOFTWARE TURNITIN PADA KELOMPOK DISKUSI DOSEN EKONOMI DI PEKANBARU

Rabu,10 Juli 2019

Dosen dalam rangka menunjang kinerja tri dharma nya beberapa tahun belakangan ini dihadapkan pada adanya peraturan tentang cek similarity hasil karya ilmiah dimana hasil penilaian yang dilakukan didapatkan informasi bahwa masih relatif tingginya (> 40%) tingkat similarity dari artikel ilmiah yang dihasilkan oleh dosen setelah dinilai similaritynya dan hal ini mengarah kepada plagiasi penulisan artikel ilmiah dan juga menyebabkan diragukannya kualitas artikel ilmiah yang dihasilkan oleh kelompok diskusi dosen. 2) Sebagian besar dosen (>50%) pada kelompok diskusi dosen ekonomi belum mendapatkan informasi mengenai alat yang digunakan untuk menilai similarity artikel ilmiah. 3) 85% Dosen yang tergabung dalam kelompok diskusi dosen ekonomi mengalami kesulitan bagaimana mengurangi tingkat similarity tersebut, karena selama ini sebagian besar dari mereka belum pernah mendapatkan pelatihan mengatasi similarity dalam artikel ilmiah.

Berdasarkan hal tersebut kami tim pengabdian masyarakat FE Unilak bermaksud mengadakan pemberian ketrampilan dan pemberdayaan kepada anggota kelompok dosen ekonomi dalam ketrampilan meminimalisir plagiasi artikel ilmiah.  Tujuan diadakan pengabdian bagi masyarakat ini adalah menghasilkan produk berupa artikel dengan similarity < 20% yang dapat membantu dan menumbuhkan rasa percaya diri anggota kelompok dalam mempublikasikan hasil karya ilmiahnya ke jurnal-jurnal terakreditasi. Target khusus yang ingin dicapai adalah agar anggota kelompok lebih kreatif dalam menghasilkan inovasi karya ilmiah melalui pemanfaatan software turnitin.

Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan tentang pemanfaatan software turnitin dalam menilai dan mengantisipasi similarity sehingga dapat menghasilkan artikel ilmiah yang original. Metode pelaksanaan program yang akan dilakukan adalah: pengenalan menilai similarity dalam sebuah karya ilmiah, memperkenalkan software turnitin sebagai alat mendeteksi similarity dan pendampingan dalam meminimalisir similarity. Semua metode ini merupakan satu kesatuan dari program IbM ini.

Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan di lapangan berkaitan dengan upaya meningkatkan kemampuan menekan similarity artikel bagi dosen dalam mengenal konsep similarity dan juga mengenal alat turnitin yang digunakan untuk menilai similarity dan memiliki kemampuan dalam meminimalisasikan similarity dalam menghasilkan artikel ilmiah. Menunjukkan adanya perubahan yang relatif besar, dimana dosen mengenal bagaimaan menilai similarity dalam sebuah karya ilmiah; juga mengenal software turnitin sebagai alat mendeteksi similarity; serta mengetahui cara mengurangi similarity dari hasil cek turnitin sehingga artikel layak dipublish.