A g e n d a /FEKON Unilak
  STATISTIK /FEKON Unilak
  • Dikunjungi oleh : 114155 user
  • IP address : 54.80.227.189
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • LOKAKARYA KURIKULUM KKNI FE UNILAK
LOKAKARYA KURIKULUM KKNI FE UNILAK

Sabtu,03 Juni 2017

Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi, Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning menyusun sebuah kegiatan yaitu dengan membuat kegiatan Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI Fakultas Ekonomi Dalam Rangka Akselerasi Menuju Unilak Unggul 2030. 

Penyusunan Kurikulum berbasis KKNI ini sudah dilakukan sejak bulan maret 2017 dengan dibentuk Tim Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI oleh Dekan Fakultas Ekonomi Drs. H. Bambang Suroto, SE, MM, kegiatan ini  dilaksanakan pada 24 mei 2017 yang lalu di Aula Perpustakaan Unilak lalu, Acara ini dihadiri oleh sivitas akademika Fakultas Ekonomi dan para stakeholders (PT. Indah Kiat, PT. RAPP, Kantor Pajak, OJK Provinsi Riau,  Perwakilan dari Fakultas Ekonomi seluruh Universitas dan sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Di Kota Pekanbaru, dan lain-lain.  Acara ini secara langsung dibuka oleh Rektor Universitas Lancang Kuning yang diwakili oleh Wakil Rektor II Erminasari, S.TP, M.Si, Dalam sambutanya beliau penyampaikan bahwa Universitas Lancang Kuning sedang mendorong dan mendukung seluruh fakultas yang berada dibawah naugan Univeristas Lancang Kuning untuk menerapkan Kurikulum berbasis KKNI dalam ranggka meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat diterima di masyarakat dan lingkungan kerja hal ini juga sejalan dengan Perpres No 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Terbitnya peraturan ini berdampak pada kurikulum dan pengelolaan disetiap program studi. Kurikulum yang semula mengacu pada pencapaian kompetensi berubah menjadi capaian pembelajaran (learning outcomes).

Pelaksanaan KKNI melalui beberapa tahapan yaitu melalui Penetapan Profil Kelulusan; Merumuskan Learning Outcomes; Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian; Pemetaan LO Bahan Kajian; Pengemasan Matakuliah; Penyusunan Kerangka Kurikulum; dan Penyusunan Rencana Perkuliahan. 

Pada hari lokakarya masing-masing Ketua Tim Penyusun Kurikulum Berbasis KKNI menyampaikan hasil dari Kurikulumya, dari Prodi Manajemen disampikan oleh Afred Suci, SE, M.Si sedangkan dari Prodi Akutansi Disampaikan oleh Zaharman SE, M.Ak. CA. setelah selesai penyampian dari kedua Ketua Tim Penyusun Kurikulum, dilanjutkan dengan penyampian Kurikulum Bebasis KKNI oleh pemateri dalam hal ini disampikan oleh Prof.Dr. Hj.Nunuy Nur Afiah, SE,Ak, MSi,CA beliau berasal dari Universitas Pajajaran Bandung. Didalam materi penyampianya beliau menjelaskan tentang setiap pentingnya  Prodi memiliki Standar International dan pentingnya kesesuain kurikulum dengan capain kelulusan.

Setelah itu, peserta lokakarya diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan, masukan dan pertayaan kepada program studi masing-masing dan narasumber guna membahas topik dari pengembangan kurikulum mulai dari profil lulusan, capaian pembelajaran, hingga dengan pengemasan mata kuliah.

Melalui Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI diharapkan bisa meningkatkan kualitas lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru