Pengumuman /FEKON Unilak
1  Jumat,23 September 2016
PELAKSANAAN YUDISIUM KE 53
4  Jumat,26 Februari 2016
KRS ONLINE SEMESTER GANJIL T.A 2016/2017
  STATISTIK /FEKON Unilak
  • Dikunjungi oleh : 93142 user
  • IP address : 174.129.67.45
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Selamat datang di Website Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning
SEJARAH SINGKAT
Universitas Lancang Kuning, yang disingkat UNILAK berdiri dibawah naungan Yayasan Raja Ali Haji. UNILAK didirikan melalui Surat Keputusan Yayasan Raja Ali Haji No. 001/KEP-Yasrah/ 82 tanggal 9 Juni 1982.
 
UNILAK diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi Riau dan tokoh-tokoh masayarakat Riau, dengan tujuan utamanya adalah untuk membantu siswa-siswa yang saat itu tidak mampu ditampung oleh perguruan tinggi negeri yang ada di Riau serta tidak mempunyai biaya yang cukup untuk melanjutkan studi ke perguruan di luar Provinsi Riau sedangkan minat untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi ada, untuk menampung keinginan itulah UNILAK didirikan.
 
Nama Raja Ali Haji, Yayasan yang menaungi Unilak diambil dari nama Pujangga dan Negarawan kelahiran tanah Melayu Riau yang telah menjadi milik Bangsa Indonesia. Sedangkan nama Universitas Lancang Kuning diambil dari jenis kapal Komando dalam armada Kerajaan Melayu Riau di zaman dahulu.
 
Kenangan ini diharapkan merangkum semoga nama besar ini akan membawa Universitas Kebangaan masyarakat Riau ini selalu jaya dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta menghasilkan intelektual-intelektual yang beriman dan bertaqwa kepada Tahun Yang Maha Esa.
 
Surat Keputusan Yasrah No. 001/KEP-Yasrah/ 82 tanggal 9 Juni 1982 adalah awal berdirinya perguruan tinggi swasta kedua di Provinsi Riau setelah Universitas Islam Riau. Unilak berdiri atas gagasan Gubernur Riau saat itu, H. Imam Munandar bersama tokoh-tokoh masyarakat Riau yang dituangkan dalam SK. Gubernur No.Kpts.135/VI/1982 sebagaimana disajikan pada List berikut.